Jumat, 30 November 2012

DEPARTEMEN DALAM HOTEL


HOUSEKEPPING: 

HOUSEKEPPING Housekepping adalah departemen dalam hotel yang bertugas menjaga kebersihan seluruh bagian-bagian bangungan di hotel dan juga bertugas mengontrol linen-linen yang berada didalam lingkungan hotel, dan housekepping terbagi dalam beberapa bagian-bagian sebagai berikut:

Room boy : 

Room boy Room boy adalah petugas yang bertanggung jawab membersihksn kamar dan juga bertanggung jawab mengontrol mini bar dalam kamar hotel dan juga mereka langsung berhubungan dengan reservasiont untuk memberitahu kamar-kamar mana yang siap jual dan belum siap jual.

Laundry: 

Laundry Laundry adalah petugas yang mencuci linen-line yang kotor yang berada di dalam hotel, mereka juga bertugas mengontrol pemasaukan dan pengeluaran linen-linen yang akan di pakai di dalam semua kegiatan dalam hotel.

Public Area ( PA) : 

Public Area ( PA) Public area (PA) adalah petugas yang membersihkan bagian-bagian seluruh bangunan yang terdapat di dalam hotel mulai dari baseman hingga bagian-bagian dalam hotel yang dilalui oleh tamu.

Gardener : 

Gardener Gardener adalah petugas yang memelihara semua tanaman yang tedapat di lingkungan hotel, mereka juga biasa bertugas membuat mini garden yang menjadi hiasan di dalam hotel yang biasanya pada saat hari-hari besar agama atau nasional.

F & B: 

F & B F & B adalah department yang mengurus segala kegiatan makanan dan minuman di dalam hotel yang di kelola secara komersial, F & b juga terdiri dari 2 departement, adalah sebagai berikut:

F & B service : 

F & B service F & B service adalah bagian departeman F & B yang melayani tamu secara langsung dan juga secara service atau pelayanan padasaat tamu makan atau minum, petugas ini juga disebut sebagai “waiter” and “waiterss” F & B service juga terbagi dalam beberapa departemen juga seperti berikut:

Room service : 

Room service Petugas F & B yang mengantarkan makanan dan minuman yang dipesan tamu dari kamar.

Banquet: 

Banquet Petugas yang mengatur layout dan segala kebutuhan pada tempat untuk meeting dan juga yang mempersiapkan coffee break.

F & B product : 

F & B product F & B product adalah petugas yang menyiapkan makanan atau petugas yang memasak makanan atau biasa disebut sebagai “koki” atau “chief”.

Front office atau kantor depan: 

Front office atau kantor depan Front office atau kantor depan adalah departemen yang mengurus segala kedatangan (chek-in) dan keberangkatan (chek-out) dan menjadi ujung tombak citra hotel dimata tamu. Front office juga terbagi dari berbagai bagian-bagian, yaitu:

Receptionist : 

Receptionist Receptionist adalah petugas yang melayani segala kebutuhan tamu yang datang ke hotel dan juga yang memberikan informasi ke pada setiap orang yang datang ke hotel.

Reservasi : 

Reservasi Reservasi adalah petugas yang bertanggung jawab melayani segala pemasanan kamar dan chek-out tamu. Dan juga yang mengarsipkan segala arsip-arsip tentang tamu yang menginap di dalam hotel.

Bell boy atau porter: 

Bell boy atau porter Bell boy atau porter adalah petugas yang melayani tamu pada saat tamu datang ke hotel yang bertugas membawa barang-barang tamu kedalam kamar dan menjelaskan segala fasilitas didalam kamar kepada tamu.

Sales marketing: 

Sales marketing Sales marketing adalah departement yang bertugas mempromosikan segala fasilitas tentang hotel agar hotel mendapatkan income sebanyak-banyaknya.

Enginnering: 

Enginnering Enginnering adalah departemen yang bertanggung jawab merawat dan memperbaiki atas segala perlengkapan fasilitas dan peralatan yang berada didalam hotel.

Accounting : 

Accounting Accounting adalah derpatement yang bertanggung jawab mengurus keuangan, pengeluaran pemakain barang di hotel dan juga yang mengontrol segala harga di hotel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar